Tips Untuk Tidur Lebih Nyenyak

Bagaimana Untuk Tidur Lebih Nyenyak Di Malam Hari Untuk Performa Lebih Baik di Keesoka Hari

Kehidupan di zaman modern yang lebih sibuk  membuat kita memiliki aktivitas lebih padat disertai berbagai tuntutan yang membuat kita memiliki tingkat stress yang lebih tinggi. Konsekuensi dari hal ini adalah terpangkasnya jumlah waktu dan kualitas waktu istirahat kita.

Berikut adalah beberapa tips yang untuk membantu Anda memiliki waktu tidur yang lebih ideal bagi performa dan kualitas kehidupan Anda secara keseluruhan :

Jangan Biarkan Gadget Anda Mengatur Hidup Anda. Justru Anda yang harus memiliki kontrol atas Gadget-gadget Anda

Memiliki gadget yang menarik dan membuat kita dapat terhubung dengan seluruh keluarga, kawan,dan kerabat lainnya memang sangat menyenangkan. Tetapi jangan salah, ternyata gadget dapat meningkatkan level stress Anda. Menurut seorang ahli dari Rockefeller University, Bruce McEwen, Phd., gadget dapat memberikan apa yang disebut sebagai “ a wholly artificial of urgency”, atau keadaan urgent  yang semu. Ketika Blackberry Anda berbunyi, entah itu BB Messenger, WhatsApp, telephone, atau instant messaging lainnya, Anda merasa urgent untuk membaca, dan bahkan membalas pesan-pesan tersebut, meskipun Anda mengetahui bahwa kebanyakan dari pesan-pesan tersebut adalah tidak terlalu urgent atau penting. Hal ini secara tidak langsung memberikan beban tambahan bagi otak Anda.

Oleh karena itu sangat penting untuk dapat mengendalikan diri Anda untuk sementara waktu jauh dari gadget Anda dan berkonsentrasi dengan apa yang sedang Anda kerjakan saat ini. Termasuk ketika sudah waktunya Anda untuk beristirahat. Cobalah untuk matikan gadget Anda menjelang Anda tidur agar Anda tidak tergoda untuk meng-Update status atau melihat status update dari teman-teman Anda.

Jangan Terlalu Sering Bekerja Lembur

Bekerja lembur sebagai tanda totalitas dan semangat untuk maju memang baik. Tetapi jangan lupakan bahwa tubuh kita memiliki keterbatasan. Menurut seorang ahli dari Weill Cornell Medical College, New York, Margaret Moline, Ph. D., bekerja sampai malam dapat mengganggu tidur Anda. Oleh karenanya menurut Margaret lebih baik untuk menghentikan pekerjaan pada waktu yang rasional untuk pulang dan beristirahat dan meneruskan pekerjaan di pagi hari. Dari pada Anda bekerja sampai larut, lalu tidak bisa tidur karena pikiran terlalu tegang, sampai akhirnya Anda tidak dapat bekerja di keesokan harinya.

Studi klinis membuktikan bahwa setelah tidur malam yang baik, otak Anda akan menjadi lebih baik dalam menyelesaikan pekerjaan. Jadi penting juga untuk  mengatur manajemen waktu dan pekerjaan daripada hanya memikirkan bekerja lebih keras.

Pikirkan Hal-hal Yang Menarik Untuk Anda Sendiri

Cobalah luangkan waktu juga untuk diri Anda sendiri. Untuk memikirkan hal-hal yang menarik bagi Anda, atau cita-cita Anda, atau apapun yang menyenangkan bagi Anda. Pikiran-pikiran positif seperti ini membantu otak Anda untuk lebih rileks, menghilangkan ketegangan, dan membantu mempersiapkan diri Anda untuk tidur.

Prioritaskan Waktu Tidur

Tubuh Anda secara alami memang di “program” untuk menghabiskan sepertiga dari waktu hidupnya untuk tidur. Ini adalah kebutuhan primer, sama halnya seperti makanan. Meskipun ada kecenderungan saat ini yang mengatakan “ You can sleep when you’re dead “, tetapi anggapan seperti itu tentunya tidak sesuai dengan kodrat tubuh kita.

Karena tergolong dalam kebutuhan primer yang dapat membuat tubuh dan otak kita dalam keadaan terbaik, maka tidur perlu mendapatkan prioritas. Dan sama seperti manajemen waktu yang lain, alangkah baiknya apabila Anda juga memiliki waktu untuk memprioritaskan tidur dalam kehidupan Anda.

Mulailah Hari Yang Baru Dengan Penuh Rasa Syukur

Mulailah setiap hari dengan mengingat-ingat seluruh hal baik dalam hidup Anda. Hal ini memberikan energi positif bagi Anda dalam memulai hari Anda, dan cenderung untuk mengurangi kadar hormon stress. Apabila hormon stress berkurang maka resiko Anda untuk menderita insomnia akan berkurang juga.

Hindari Membaca, Mendengar, atau Melihat Hal-Hal yang Menegangkan bagi Anda

Banyak hal-hal yang dapat memacu otak kita untuk menjadi lebih tegang sebelum kita tidur, antara lain menonton acara berita yang berisikan kriminalitas, politik yang sedang hangat, keadaan ekonomi yang memburuk, dll. Atau membaca buku yang berisi hal-hal serupa yang membuat otak kita berpikir. Atau mendengar acara radio menyeramkan tentang kisah-kisah horror. Atau lain-lain. Hindari hal-hal seperti ini sebelum tidur. Meskipun terkadang menyenangkan tetapi hal ini dapat mengganggu kualitas tidur kita di malam hari.