Berapa Lama Sebaiknya Anda Tidur ?

Tips Mengenai Berapa Lama Sebaiknya Anda Tidur Setiap Malam :

Tidur merupakan salah satu topik yang yang sering dibahas akhir-akhir ini seiring meningkatnya kesadaran masyarakat akan gaya hidup sehat dan keinginan untuk memiliki umur yang lebih panjang.  Salah satu tokoh yang mempelajari secara mendalam mengenai pengaruh tidur terhadap kesehatan manusia adalah Danil Kripke, co-director of research at the Scripps Clinic Sleep Center in La Jolla, California. Pada tahun 2002 dia membandingkan angka kematian lebih dari 1 juta orang Amerika dewasa dengan fokus utama pada kaitannya dengan jumlah waktu tidur setiap malam. Hasil yang didapat sangat mengejutkan.

Berikut adalah hasil yang didapat oleh Daniel Kripke berdasarkan atas studinya :

Mereka yang tidur antara 6.5 jam sampai dengan 7.5 jam setiap malam memiliki ekspektasi hidup lebih lama. Sedangkan mereka yang tidur lebih dari 8 jam, dan atau kurang dari 6,5 jam setiap malam memiliki ekpspektasi hidup yang lebih rendah.  Dari hasil studi Kripke ditemukan adanya kemungkinan yang kurang baik dari tidur yang terlalu lama, yaitu di atas 8 jam per hari.

Tetapi hasil dari studi Kripke juga menyatakan bahwa jumlah waktu tidur yang dibutuhkan seseorang bergantung dari usia, dan juga keadaan kesehatan orang yang bersangkutan. Sebagai contoh, mereka yang menderita diabetes, titik paling rendah atau jumlah paling sedikit dari jam tidur diperkirakan selama 7 jam per malam.

Mengenai alasan dari kaitannya antara jumlah jam tidur dnegan angka kematian, Kripke mengatakan bahwa dari studinya tersebut belum ditemukan alasan yang kuat secara empiris alasannya. Mungkin di kemudian hari alasan tersebut dapat ditemukan dalam studi yang lebih komprehensif dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu.

Satu pelajaran yang dipetik dari studi ini adalah bahwa ternyata terlalu banyak tidur ternyata tidak selalu baik untuk kesehatan manusia. Meskipun studi dari Kripke tidak dapat dijadikan sebagai acuan pasti mengenai berapa lama seseorang sebaiknya tidur, tetapi setidaknya ada alasan yang disertai dengan suatu riset bahwa seseorang tidak perlu untuk tidur terlalu lama untuk memiliki kesehatan yang optimal. Dan juga tentunya sebaliknya, seseorang harus tidak dianjurkan untuk memiliki jam tidur yang terlalu sedikit, yaitu di bawah  5 jam setiap malam.